HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA (HAKORDIA) TAHUN 2023 TINGKAT PROVINSI GORONTALO

Gorontalo, 7/12-2023. Inspektorat Daerah Provinsi Gorontalo menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2023. Kegiatan ini melibatkan berbagai instansi pemerintah Provinsi Gorontalo, mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan, yang berhasil meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) terbaik.

Pada tanggal 7 Desember 2023, Inspektorat Daerah Provinsi Gorontalo menyelenggarakan acara penyerahterimaan penghargaan kepada instansi pemerintah Provinsi Gorontalo dan wilayah tingkat kelurahan hingga kecamatan yang dinobatkan sebagai Wilayah Bebas Korupsi terbaik. Penghargaan ini juga diberikan kepada para siswa-siswi sekolah dan mahasiswa yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, sebagai bentuk motivasi untuk terus semangat dalam memberantas korupsi di Gorontalo.

Menariknya, acara ini tidak hanya memuat seremoni penyerahterimaan penghargaan, tetapi juga menghadirkan serangkaian materi dengan tema “Sinergi Berantas Korupsi, untuk Indonesia Maju”. Beberapa pembicara ternama seperti perwakilan dari Ombudsman, Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Polda Gorontalo, dan pihak Wilayah 4 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan wawasan dan strategi dalam upaya pemberantasan korupsi.

Ely Kusumastuti Direktur Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah 4 KPK RI mengakui bahwa meskipun Provinsi Gorontalo tergolong sebagai wilayah muda, semangat seluruh instansi dalam pemberantasan korupsi sangat tinggi. Pihaknya memberikan apresiasi atas komitmen dan kontribusi positif yang telah dilakukan oleh seluruh instansi terkait di Gorontalo.

Pada kesempatan yang sama Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini dapat menyebarluaskan semangat anti korupsi kepada masyarakat Gorontalo. Beliau menekankan pentingnya partisipasi aktif dari semua pihak dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari praktik korupsi.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semakin banyak pihak yang terinspirasi dan termotivasi untuk bersama-sama melibatkan diri dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi demi terwujudnya Gorontalo yang lebih baik dan maju”, ucap Penjagub Gorontalo Ismail Pakaya.

Penulis : Jihad Saputra